Sabtu, 21 April 2012

Siswa 15 Tahun Hack 259 Perusahaan Telah Ditangkap






Sangat memungkinkan bila seorang anak kecil memiliki kepintaran yang setara bahkan melebihi orang dewasa. Namun sangat disayangkan bila kepintaran tersebut digunakan untuk hal-hal yang merugikan orang lain seperti yang satu ini. Seorang siswa berusia 15 tahun baru-baru ini ditangkap karena telah melakukan hacking pada 259 perusahaan selama 90 hari, yang artinya per hari rata-rata menyerang 3 website. Siswa tersebut menamakan dirinya ACK! 3STX.



Atas dugaan hacking terhadap 259 perusahaan, polisi Austria telah menangkap siswa tersebut. Pihak berwenang menduga bahwa siswa tersebut melakukan scan internet pada kerentanan dan bug di website dan database yang kemudian dapat dieksploitasi olehnya. Setelah diinterogasi, siswa tersebut mengakui penyerangan yang dilakukan pada 259 website perusahaan tersebut, menurut Kantor Polisi Federal Kriminal Austria.

Yang dilakukan siswa tersebut adalah mencuri data dari perusahaan-perusahaan tersebut, kemudian dipublikasikan secara terbuka setelah berhasil menembus infrastruktur keamanan dari 259 website perusahaan. Siswa tersebut tampak bangga, karena setelah melakukan hacking, dia membeberkan prestasinya tersebut di account twitternya.

Siswa berusia 15 tahun ini melakukan hacking antara bulan Januari 2012 sampai Maret 2012. Siswa tersebut dihack melakukan hacking hanya pada perusahaan-perusahaan Austria dan tidak membatasi pada tipe industry tertentu. Segala bidang perusahaan dihack, seperti perusahaan olahraga, jasa pariwisata, hiburan diserang olehnya.

Siswa yang dilaporkan dan mengaku akan bertanggungjawab tersebut mengatakan, bahwa dia hanya merasa bosan dan ingin membuktikan diri. Siswa ini adalah seorang yang anti social dan melihat bahwa dunia online dapat dijadikan sebagai wadah untuk pembuktian diri dan mendapatkan pujian atas prestasi yang dimilikinya. Mungkin siswa ini terinspirasi oleh laporan yang dilakukan kelompok aktivitis hack yang menamakan dirinya Anonymous.

Awalnya siswa ini menemukan sebuah forum hacker. Dimana pada forum ini akan memberikan poin pada anggota yang berhasil melakukan serangkan hacking. Melihat hal ini adalah suatu wadah yang menarik untuknya, maka dia mulai bekerja melakukan hacking. Akhirnya dalam waktu 3 bulan, sebagai siswa berusia 15 tahun berhasil menempatkannya sebagai hacker pada posisi 50 teratas dari sekitar 5000 pengguna terdaftar pada forum tersebut.

Siswa ini menggunakan hacking tools yang banyak tersedia dan mudah didapatkan di internet. Termasuk perangkat lunak yang membantunya untuk menjadi seperti anonymous. Pada setiap website yang dihack olehnya, dia meninggalkan pesan sebagai nama hacker ACK! 3STX. Namun, sepintar apapun siswa ini berusaha sebagai seorang anonymous, namun usahanya tetap gagal. Karena IP-nya dapat dilacak oleh BMI’s C4 (Cyber Crime Competence Centre).

Pihak berwenang mengatakan, sampai saat ini masih belum diketahui kerusakan apa yang dilakukan oleh ACK! 3STX, karena masih dalam penyelidikan dan masih mengukur tingkat serangkan yang dilakukan baik pada website dalam ataupun luar negri.

Semoga saja bila ada siswa Indonesia yang memiliki kepintaran seperti ini, tidak melakukan hal-hal yang tidak terpuji dan meresahkan pihak lain ya.

0 komentar:

Posting Komentar