Jumat, 20 April 2012

Microsoft Perkenalkan Beberapa Versi Windows 8

Beberapa bulan lalu sempat beredar kabar bahwa Microsoft akan meluncurkan 8 versi Windows 8. Saat itu belum ada tanggapan resmi dari Microsoft tentang hal tersebut sampai akhirnya Microsoft hari ini mengumumkan 3+1 versi Windows 8. Mengapa saya menyebut 3+1 bukan 4 versi ? Hal tersebut karena 1 versi memang dikhususkan bagi kalangan korporasi dengan perjanjian Software Assurance. Berikut informasi tentang keempat versi Windows 8 yang akan diluncurkan Microsoft.


Versi pertama dari Windows 8 disebut Windows 8 saja tampa embel-embel apapun. Hal ini berbeda dari Windows 7 yang memiliki versi Starter Pack. Para pengguna Windows 7 Starter, Home Basic, Home Premium dapat melakukan upgrade ke Windows 8 dengan mudah. Walaupun merupakan versi terendah dari Windows 8 namun jangan kuatir karena versi ini sudah mempunyai semua fitur baru Windows 8 untuk komputasi sehari-hari.

Versi kedua adalah Windows 8 Pro. Versi Windows 8 ini dirancang untuk pengguna yang sudah mahir dan berkecimpung dalam dunia IT. Perbedaan antara Windows 8 Pro dengan Windows 8 “biasa” terletak pada fitur eknripsi, virtualisasi dan manajemen PC. Selain itu bagi pengguna Windows 8 Pro memiliki akses ke add-on Windows Media Center yang terdapat pada Media Pack. Kedua versi Windows 8 dan Windows 8 Pro ini tersedia untuk PC arsitektur x86/x64.

Versi ketiga adalah Windows adalah apa yang sering disebut Windows on ARM (WOA). Nama resmi dari WOA ini adalah Windows 8 RT (RunTime). Versi ini hanya akan tersedia pada PC dan Tablet berarsitektur ARM secara pre-installed. Hal yang istimewa dari versi ini adalah Microsoft akan mempaketkan versi khusus Microsoft Office (Word, Excel, PowerPoint, and OneNote) yang telah dioptimalisasikan untuk layar sentuh.



Seperti dijelaskan diawal versi terakhir adalah versi yang dikhususkan untuk kalangan korporasi. Versi ini mempunyai semua fitur yang ada pada Windows 8 Pro ditambah tingkat keamanan yang lebih tinggi, manajemen PC yang lebih fleksibel dan virtualisasi yang lebih canggih.

Microsoft berjanji akan mengumumkan harga dan tanggal rilis bagi keempat versi Windows 8 ini dalam beberapa bulan mendatang. Windows 8 sendiri diperkirakan akan hadir pada bulan Oktober tahun ini.

0 komentar:

Posting Komentar