Minggu, 01 Januari 2012

Sekilas Tentang OpenSUSE




openSUSE adalah sistem operasi bebas dan berbasis Linux untuk PC, Laptop atau Server anda. Anda bisa surfing web, mengelola e-mail dan foto, melakukan pekerjaan kantor, memutar video atau musik dan lainnya seperti windows. Default pengguna grafis (GUI) dan opsi baris perintah yang mudah dimengerti, yang memungkinkan pengguna (selama instalasi) untuk memilih GUI dan mendukung ribuan paket perangkat lunak atau software di berbagai pengembangan open source.

OpenSuse adalah distro yang dikembangkan oleh komunitas dengan disponsori oleh Novell Inc. Distro ini merupakan salah satu distro besar yang banyak dipakai oleh pengguna linux. OpenSuse menurut distrowatch.com menempati urutan ke tiga di bawah Ubuntu dan Fedora.

Screenshoot:






Mulai versi 7.0 sampai dengan 9.1 tersedia dua versi Suse Linux: Personal dan Professional. Di samping itu tersedia juga versihttp://www.blogger.com/post-create.g?blogID=7959933217896087848 bagi pelajar. Paket pembaruan dengan harga yang pantas untuk versi Professional juga tersedia tanpa cetakan buku pedoman administrasi. Pada 4 November 2003, Novell mengumumkan bahwa mereka akan mengakuisisi SuSE.

SuSE 9.1 merupakan versi pertama di bawah Novell. Salah satu perubahan yang terjadi adalah mulai Juni 2004, di samping instalasi melalui FTP, CD untuk instalasi dasar tersedia di internet. Juga pada edisi Professional dipasarkan dengan keping DVD kedua yang berisi perangkat lunak untuk sistem 64-Bit (AMD64 dan Intel 64) (versi 64-Bit SuSE 9.0 dijual terpisah). Pada April 2004 YaST ditempatkan di bawah Lisensi Publik Umum GNU. Pada 4 Agustus 2005, juru bicara dan direktur hubungan masyarakat Bruce Lowry mengumumkan bahwa pengembangan SUSE Professional akan lebih terbuka dan bersama dalam proyek komunitas openSUSE berupaya meraih perhatian yang lebih luas dari pengguna dan pengembang . Lebih terbuka dengan memungkinkan pengguna dan pengembang untuk menguji dan membantu mengembangkannya. Sebelumnya segala pengembangan dilakukan hanya oleh SUSE dan versi 10.0 adalah versi pertama dengan pengujian beta oleh publik. Sebagai bagian dari perubahan, akses ke Server-YaST menjadi pelengkap bagi pengguna SUSE Linux.

Maskot dari SUSE secara umum dikenali sebagai gecko (tokek) dan disebut sebagai Geeko, namun sebenarnya adalah seekor kameleon (Chamaeleonidae).

0 komentar:

Posting Komentar